Buat Skala Prioritas

Selain ada target yang harus kita tetapkan. Kita harus melakukan pentahapan yang jelas dalam agenda kerja kita. Setiap program harus kita bagi tiga :

1. Jangka panjang

2. Jangka menengah

3. Jangka Pendek

tentu saja jangka pendek merupakan garapan paling mendesak, baru program jangka menengah dan jangka panjang. Begitu pula urgensinya, selalu dicari mulai yang paling penting, baru yang agak penting, selanjutnya yang kurang penting.

Dalam melaksanakan semua ini, ada jadwal kerja (time schedule) yang jelas. Di dalamnya juga ada pembagian tugas dan skala prioritas. Orang yang tidak terbiasa menetapkan skala prioritas, kerjanya hanya berdasarkan ingatannya saja. Kalau ingat dikerjakan, jika lupa dibiarkan waktu berlalu.

Dengan rencana dan kerja yang tertib, lebih mudah mencapai tujuan. Mana yang penting, segera digarap sehingga tidak ada yang tercecer.

Skala prioritas adalah salah satu cara untuk mencapai efektivitas kerja yang tinggi. Masalah bisa muncul setiap saat, bahkan masalah bisa muncul bersamaan. Jika skala prioritas tidak diaplikasikan, maka penyelesaian masalah menjadi tidak efektif.

Orang sukses senantiasa memegang prinsip skala prioritas dalam menyelesaikan banyak masalah.